happy new years 2012

Welcome to my blog...
My blog my rule... hehehe
Have fun...

Kamis, 02 Desember 2010

Big Bang -- G Dragon

Kwon Ji-Yong (lahir tgl 18 Agustus 1988), lebih dikenal dengan nama G-Dragon. Trainee di bawah label YG Entertainment selama 6 tahun, G-Dragon debut sebagai leader dan salah satu rapper dari grup hip hop Big Bang. Sejak debut, G-Dragon sudah mulai ambil bagian dalam produksi album mereka, ia menulis beberapa lagu yaitu "Lies," "Last Farewell," dan "Haru Haru."
Sebelumnya, G-Dragon merilis debut album solo, Heartbreaker (2009), dan menjadi salah satu album terlaris pada tahun itu.

KARIR 2000-2009
Terinspirasi oleh grup Amerika Wu-Tang Clan, G-Dragon berminat pada rap dan mengambil kelas pada umur 12 tahun. Ia ikut serta dalam rilis album hip-hop Korea Flex tahun 2001. Walaupun ia menulis sendiri lirik untuk lagunya, ia menyadari bahasa Inggrisnya tidak begitu bagus. G-Dragon menarik perhatian Sean duo hip-hop Jinusean dari YG Entertainment, yang merokomendasikannya ke CEO Yang Hyun Suk. Ia kemudian bertemu dengan trainee lain Dong Young Bae. Mereka berdua dikenal dengan GDYB. Setelah 6 tahun training dan tampil dalam beberapa album artis lain, G-Dragon secara resmi debut sebagai leader dari Big Bang bersama dengan Young Bae (dikenal dengan nama Taeyang) dan 4 trainee lain.
Formasi grup ini didokumentasikan di tv, dan dari 6 member, satu orang keluar sebelum debut resmi. Debut dengan album pertama sukses terjual lebih dari 40.000 kopi, dengan single "La La La" dan "We Belong Together". Dalam album ini juga terdapat lagu solo pertama G-Dragon, "This Love" lagu dari Maroon 5. Mengikuti rilis mini album Always tahun 2007, G-Dragon mulai terlibat dalam pembuatan album. Always menampilkan beberapa lagu yang dibuat olehnya diantaranya singel utama "Lie", yang menjadi hit grup pertama. Mini album berikutnya yaitu: Hot Issue dengan single"Last Farewell" sedangkan Stand Up dengan single "Day by Day"; kedua single ini menempati top chart.
 PERKEMBANGAN KARIR
Selain Big Bang, G-Dragon juga tampil solo. Setelah membantu produksi debut album Taeyang, ia merekam album dengan versinya sendiri dengan single utama "Only Look At Me". Singel ini dirilis digital. Bersama dengan Taeyang dan T.O.P, G-Dragon tampil pada lagu Lexy "Super Fly" untuk albumnya Rush. Pada Mei 2009, ia berkolaborasi dengan boy band Jepang W-inds. untuk singel mereka, "Rain Is Fallin'/Hybrid Dream."
Setelah Taeyang merilis album solo , G-Dragon merilis album solo Heartbreaker, menampilkan kolaborasi bersama beberapa artisyaitu, Teddy dari 1TYM, Taeyang, S-Kush, serta CL dan Dara dari 2NE1. Harusnya jadwal dirilis album ini pada bulan April, namun diundur menjadi bulan Agustus yang bertepatan dengan ulang tahunnya yang ke 21. Album ini ditandai dengan perubahan penampilan dari G-Dragon yang mewarnai blonde rambutnya. Dengan singel heartbreaker, pop elektronik, album ini terjual lebih dari 150.000 kopi dan memenangkan Album of the Year 2009 Mnet Asian Music Awards. Singel kedua, "Breathe", menempati Top 20, sedangkan lagu yang lain— "The Leaders", "A Boy", "Hello", dan "She's Gone" — masuk dalam top chart setelah rilis. Albumnya merupakan kesuksesan untuknya dan YG Entertainment.
Untuk mendukung albumnya, G-Dragon tampil dalam konser solo pertamanya di Olympic Park pada Desember 2009. Dengan judul Shine a Light, judul konsernya diambil dari lirik lagu "A Boy". Konser ini menimbulkan kontroversi, namun ia dinyatakan tidak bersalah.


KONSEP
Musik G-Dragon berdasarkan pada elemen Hip Hop. Terinspirasi musik dari Wu-Tang Clan, ia berpartisipasi dalam album Hip Hop Flex tahun 2001, saat ia masih berumur 12 tahun. Selama masa trainee, Kwon Ji Yong dilatih dalam bidang hip-hop. Dikenal karena fashionnya, G-Dragon dinamakan "Style Icon of 2008". Iajuga dijuluki hottest man di Korea Selatan. Kontribusinya pada pekerjaannya membuatnya mendapat penghargaan sebagai composer terbaik tahun 2008. Ia memenangkan  "Most Influential Men of 2008" yang disponsori oleh Arena berdasarkan stylenya.
KONTROVERSI
G-Dragon dituduh plagiat oleh Sony Music, lagunya "Heartbreaker" dan "Butterfly" mirip dengan lagu Flo Rida "Right Round" dan Oasis "She's Electric". Namun , EMI, yang juga memiliki hak pada lagu "Right Round" menyatakan tidak melihat adanya kemiripan pada kedua lagu tersebut. Pada 6 Maret 2010, YG Entertainment mengumumkan mereka menghubungi Flo Rida dan meminta untuk tampil dalam album live G-Dragon's live album, Shine a Light, yang diterima oleh Flo Rida.
PENGHARGAAN
Tahun 2009:
  • Cyworld Digital Music Awards: Song of the month (September) "Heartbreaker"
  • 2009 Mnet Asian Music Awards: 2009 Best Album of the Year "Heartbreaker"[14]
  • 2009 Melon Music Awards: 2009 Album of the Year "Heartbreaker"
  • 2009 Melon Music Awards: 2009 Top 10
Tahun 2010:
  • Cyworld Digital Music Awards 2009: Ting’s Choice Award
  • Cyworld Digital Music Awards 2009: Best 10
  • 2010 MTV Video Music Awards Japan: Best Collaboration Video: Rain is Fallin'





Tidak ada komentar:

Posting Komentar